Sabtu, 04 Mei 2013

Aku Belajar

Diyakini bahwa setiap manusia memiliki karakter dan sifat yang berbeda-beda. Tidak hanya itu, setiap individu katanya unik karena memiliki kemampuan yang berbeda-beda satu dengan yang lain. Aku percaya itu. Di sinilah aku belajar mengenai karakter dan sifat manusia, belajar untuk menemukan kemampuanku yang sesungguhnya dan belajar tentang nilai hidup, cara bersosialisasi dan memperlakukan orang lain. Sudah bertahun-tahun dari sejak bayi hingga hari ini, jatuh bangun, gagal berhasil, malu berani, dll. semua sudah dialami guna menemukan kedewasaan diri. Namun, ternyata sangat membingungkan...apalagi mengenai pribadi. Perasaan, emosi, pikiran, logika....sedangkan aku menggunakan, 50% logika, 20% pikiran , 10% perasaan dan 10% emosi sehingga membuatku sangat cuek. Sedangkan dulu, aku menggunakan kebalikannya sehingga penyakit perasaan sering menghinggapiku, gampang menangis karena sesuatu, gampang marah dan jengkel, gampang putus asa, takut, dll. Aku menikmati aku yang sekarang karena sangat membawa suasana hati yang tenang. Walaupun masih ada beberapa yang kubawa, seperti ketika melakukan satu kesalahan saja, maka aku tidak bisa lagi berkonsentrasi ke hal lain. Hal ini dikarenakan aku merasa sangat bersalah sekali dan merugikan orang lain. 
Ketika berteman, semua hal dari kita muncul dan kita pun bisa menilai setiap individu berkaitan dengan karakter, sifat, tingkah laku, dsb. 
Ketika dalam hal pekerjaan, semua bertambah-tambah rumit. Banyak hal yang jelek dan bagus bermunculan dari setiap individu, bahkan juga diriku. 
Ketika dalam berkeluarga, lain halnya lagi.
Maka, tetaplah menjadi diriku tanpa peduli kata orang. Perkataan yang bagus dan positif ditanggapi dengan hal dan perubahan diri yang lebih baik sedang yang negatif tak perlu didengar tapi dibuang jauh-jauh agar tidak mengganggu perasaan dan hidup. Melakoni hari dengan seadanya dan selalu berterima kasih pada - Nya. 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar