Selasa, 26 Juni 2012

Karanganyar (Tawangmangu, Candi Sukuh dan Candi Ceto)

Hari Sabtu (23 Juni 2012)
Saya dan adik saya berpiknik ria bersama "supra" (motor butut tua tp mesin oke punya). Kami berangkat dari hotel "wisata indah" (Solo) pukul 08.00 pagi hari. Dengan modal nekat, kami sampai ke Tawangmangu, Candi Sukuh dan Candi Ceto. Awalnya hari Jumat, kami sudah tiba di Solo, jadi kami mengitari Kota Solo yang kecil ini. Kalo di Solo, beberapa tempat yang bisa dikunjungi ada Kasunanan Surakarta, Batik Danarhadi, Pasar Klewer (seperti Pasar Beringharjo,Jogja), Taman Sriwedari, Grand Mall Solo, Paragon Mall dan Pasar Triwindu(barang antik).
Ini lah perjalanan kami ke Karanganyar. Ternyata sangat berliku dan menanjak ketika mengunjungi kedua candi tersebut. Disarankan jangan para wanita dengan berkendara motor seperti saya dan adik saya atau kalian akan tidak berani turun seperti kami hehehehewww....
1) Tawangmangu

Tiket masuk hanya Rp 6.500,- untuk wisatawan domestik. Tawangmangu memiliki beberapa wahana yang bisa dinikmati, seperti kolam renang untuk anak-anak dengan membeli karcis lagi seharga Rp 5.000,- atau menikmati arum jeram hanya dengan uang Rp 11.000,- sudah dengan perahu plastik, baju pelampung dan helm. Panjang medan arum jeram sekitar 250 meter. Untuk flying fox, kita harus membayar Rp 11.000,- sama seperti arum jeram. Selain itu, Tawangmangu juga memiliki taman yang bersih, indah, dan sejuk. Saya dan adik sangat menikmati ketika berada di taman.

2) Candi Sukuh

Candi Sukuh juga terletak di Kaki Gunung Lawu. Jalan menuju ke candi ini sangat menanjak, jadi harap hati-hati sekali. Tiket masuk Rp 2.500,- dan parkir Rp 2.000,-. Ketika berada di candi ini, kita bisa menikmati pemandangan yang sangat bagus dan menghirup udara yang bersih dan sejuk. Di sekitar candi ini, terdapat satu objek wisata lain, yaitu Hutan Alam Raya. Untuk tiket masuk Rp 8.000,- dan parkir Rp 2.000,-. Di hutan ini kita bisa melihat binatang-binatang penangkaran dan tumbuhan.

3) Candi Ceto
Ketika kami menuju ke candi ini, kami menemukan jalan menurun yang berbeda sekali dengan Candi Sukuh yang dari awal perjalanan, kami harus menanjak terus. Ternyata Candi Ceto juga begitu, saya mengira jalannya menuju ke candi akan ceto, eee...engga taunya malah engga cetoooo... Yang sangat asyik ketika menuju ke candi ini adalah bahwa kami melewati perkebunan teh yang sangat panjang. Jadi, kami pun singgah untuk menikmati pemandangan kebun teh dan berfoto ria.

Tiket masuk ke candi ini adalah Rp 3.000,-. Kami masuk dengan perasaan puas karena jalan yang kami lalui terbayar dengan pemandangan yang sangat bagus menurut kami. Kami mengambil foto-foto dan beristirahat sambil benar-benar menikmati pemandangan bagus disekitar kami...sungguh petualangan yang asyik. Kami membawa "supra' kami berkunjung ke tempat ini. Terimakasih "supra" yang telah mengantar kami berpetualang.